Inilah 6 Fakta Unik Jembatan Suramadu

jembatan-suramadu

Inilah 6 Fakta Unik Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah salah satu jembatan paling megah di Indonesia. Jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan membutuhkan 7 tahun untuk menyelesaikanya. Tahun 2010 jembatan ini akhirnya bisa digunakan untuk khalayak umum. Jembatan ini memiliki nilai ekonomi tinggi dalam percepatan ekonomi daerah Jawa Timur khususnya pulau Madura. Jembatan ini mempersingkat waktu perjalanan dari pulau Jawa ke Madura yang biasanya menggunakan kapal. Volume kendaraan yang dapat ditampung juga mengalami peningkatan.

Jembatan ini juga sering dijadikan tempat wisata, biasanya para pengunjung sekedar menyeberang ke madura hanya untuk menikmati suasana menyeberang melalui jembatan ini. Jika kita menyeberang di pagi atau siang hari, kita akan merasakan angin laut yang berhembus kencang, juga pemandangan pulau madura yang indah. Ketika malam hari tiba, kamu akan dimanjakan dengan lampu lampu yang menyinari seluruh bagian jembatan ini. Selain lampu sorot biasa, berbagai macam warna lampu menambah kesan cantik dari jembatan ini.

Untuk lebih mengenal tentang jembatan Suramadu, berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang jembatan Suramadu.

Jembatan Terpanjang

Jembatan Suramadu - Jembatanbaik.id

Jembatan Suramadu menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura. Musium Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada jembatan Suramadu sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, jembatan Suramadu memiliki panjang yang mencapai 5,43 kilometer yang terbentang dari Kota Surabaya (pulau Jawa) sampai Kabupaten Bangkalan (pulau Madura).

Diresmikan Dua Presiden

Susilo Bambang Yudhoyono

Karena memakan waktu sekitar 7 tahun, pembangunan jembatan ini diresmikan oleh 2 presiden Indonesia. Jembatan Suramadu dibangung pada tahun 2003 pada masa presiden Megawati Soekarnoputri dan selesai pada tahun 2010 ketika presiden indonesia ke 7 yaitu Susiol Bambang Yudhoyono sedang menjabat.

Tri Nusa Bimasakti

Tri Nusa Bimasakti - Jembatanbaik.id

Gagasan Suramadu berawal pada 1960-an saat guru besar dari ITB (Intitute Teknologi Bandung) Prof Dr Setyadmo (alm) mengusulkan terobosa

n berani di zaman itu, yaitu menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera. Ide gila itu mendapat respon berbagai pihak, dan pada 1965 dibuat desain oleh ITB jembatan melintasi Selat Sunda tersebut.

Gagasan dan konsep pengembangan jembatan antarpulau tersebut, tahun 1986 dikemukakan kepada presiden indonesia saat itu, Soeharto. Namun, meluas tidak hanya menyatukan Pulau Jawa dan Sumatra saja, tapi juga Pulau Jawa-Madura dan Jawa-Bali, dikenal dengan nama Tri Nusa Bima Sakti.

Menristek, Kepala BPPT saat itu, B.J. Habibie, mendapat tugas untuk mengkaji pembangunan tiga jembatan spekatakuler menyatukan Pulau Sumatera dan Jawa, berikutnya Pulau Jawa dan Madura serta Pulau Jawa dan Bali.

Sumber : Eka Saputra, http://www.satujam.com/jembatan-suramadu/

Related Post