Mengenal Prof Wiratman, Mahaguru Konstruksi Jembatan Indonesia

Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata - Jembatanbaik.id

Prof. Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata lahir di Jakarta, 25 Februari 1935. Sebagai alumni jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung tahun 1954. Karya-karya cemerlang beliau diantaranya adalah Jembatan Ampera di Palembang, Restorasi Candi Borobudur, Pelabuhan Belawan di Sumatera Utara dan Gedung Wisma Dharmala di Jakarta. Selain karya yang luar biasa, Prof. Wiratman juga dikenal sebagai pakar struktur, terutama struktur tahan gempa.

Berkarya lebih dari setengah abad, Wiratman telah membuktikan integritas, dedikasi dan profesionalitas sebagai engineer sekaligus entrepreneur sukses. Jejak karyanya tersebar di berbagai bidang dan wilayah, mewarnai sejarah karya konstruksi monumental di Indonesia. Lewat keahliannya telah lebih dari 4100 proyek ditanganinya. Puluhan penghargaan yang mengapresiasi kerja keras dan inovasinya juga telah diraih pria yang hingga hari ini mengaku tak pernah berhenti belajar. Dengan keahlian yang sangat multidisipliner, Wiratman sangat pantas menyandang gelar : ahli beton, ahli gempa, ahli jembatan dan ahli gedung tinggi. Predikat yang tidak sembarang orang mampu meraihnya. Jembatan Selat Sunda merupakan mimpi terbesar Wiratman yang selama catatan panjang karir profesionalannya.

Pada tanggal 16 November 1976, Prof.Wiratman mendirikan PT Wiratman and Associates. Untuk ukuran perusahaan yang bergerak dibidang konsultansi di Indonesia, PT Wiratman and Associates termasuk perusahaan yang besar. Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) berjumlah 433 orang diantaranya 225 engineer dan 31 orang arsitek dengan 5 buah Strategic Business Unit (SBU) diantaranya SBU Struktur dan Geoteknik. Alm. Prof. Wiratman membuktikan perannya tak terbatas hanya sebagai dosen, peneliti dan engineer, tapi juga sebagai wirausahawan yang handal. Prof. Wiratman merupakan mahaguru infrastruktur Indonesia. Dedikasi dan pengaruh beliau selama puluhan tahun di bidang pembangunan infrastruktur selalu menjadi fondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Sumber : http://alsi-itb.org/prof-dr-ir-wiratman-wangsadinata-si-54/

Related Post