Jembatan Desa Sikucur

DaerahDesa Sikucur
Nagari Kampung Dalam
Kabupaten Padang Pariaman

Jembatan Desa Sikucur

Masyarakat di daerah Kampung Sikucur dan Kuranji Hulu telah memiliki jembatan,darurat untuk menghubungkan kedua desa ke luar. Jembatan yang terbuat dari potongan pohon kelapa. Di desa Kuranji Hulu terdapat 34 Kepala Keluarga dimana setiap harinya mereka melewati jembatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan penduduk desa seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sandang pangan serta papan. Warga Desa Sikucur mayoritas memiliki Lahan pertanian untuk menyokong kehidupan mereka sehari-harinya seperti lahan sawah, ladang coklat, durian, buah-buahan dan hasil pertanian lainnya. Setiap hari para petani melewati jembatan tersebut, ada yang melewatinya dengan jalan kaki, ada juga dengan sepeda, serta ada yang melewati jembatan menggunakan sepeda motor.

 

Warga sekitar harus membawa kendaraan melewati jembatan tersebut karena jarak pemukiman penduduk dari jembatan cukup jauh. ketika musim panen, banyak hasil panen yang dibawa dari desa Sikucur menuju desa Kuranji Hulu tetapi akses yang mereka lewati sudah sangat tidak memadai apalagi jika hujan dengan intensitas hujan 3 hari berturut-turut maka air sungai yang

melebihi debit alirannya akan menghanyutkan jembatan buatan masyarakat, mereka dapat memulai aktivitas lagi setelah aliran sungai mulai surut dan tidak hanya sampai disitu, masyarakat akan kembali bergotong royong membuat jembatan baru setelah jembatan sebelumnya terbawa hanyut oleh arus.

 

Untuk membawa hasil panennya masyarakat harus menggunakan motor. Ketika melewati jembatan ada motor yang jatuh kedalam sungai dikarenakan kondisi jembatan yang tidak layak pakai untuk jalur kendaraan. Lebar jembatan tersebut hanya sekitar 70 cm, sehingga kalau dilewati motor yang berisi hasil panen itu membuat ketidak stabilan bagi pengendara yang melintas, Sehingga motor terperosok kedalam sungai.