Punya Panjang 1.127 Meter, Jembatan Soekarno Jadi Ikon Baru Manado

Jembatan Ir. Soekarno di Manado - Jembatanbaik.id

Manado – Jembatan Ir. Soekarno di Manado, Sulawesi Utara telah diresmikan pada Mei 2015, setelah sempat terbengkalai 12 tahun. Jembatan sepanjang 1,127 km dan menelan biaya Rp 300 miliar ini punya pemandangan indah bila Anda berada di atasnya.

Bila Anda berdiri di atas jembatan ini, pemandangan Pulau Manado Tua terlihat indah dengan gunung yang menjulang di tengah-tengah laut Teluk Manado.

“Jembatan ini sudah teraspal sepenuhnya, jadi masyarakat bisa melewati. Ini jadi ikon Kota Manado. Dari jembatan ini kita bisa melihat Pulau Manado Tua,” tutur Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto saat acara peresmian.

Proyek Jembatan Soekarno dimulai sejak tahun 2003 saat Presiden Megawati Soekarnoputri, panjang total 1.127 meter dan lebar 17 meter dengan anggaran Rp 300,28 miliar. Proyek ini didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pekerjaan ini dilaksanakan dengan kontrak tahunan dan kontrak tahun jamak.

Penyebab mangkraknya jembatan ini karena struktur tanah yang agak unik. Butuh penanganan khusus dalam pengerjaan jembatan yang kontraktornya adalah PT Hutama Karya (Persero).

“Jadi jembatan ini butuh penanganan khusus seperti penambahan dan penguatan pondasi, dan kabel penyangga ini kan jembatan gantung,” jelas Hediyanto.

Sumber : Dana Aditiasari , Detik Finance

Related Post